Sosial

DKC CBP IPNU Banyuwangi Luncurkan Relawan Gempa Lumajang

Senin, 19 Apr 2021, 12:45:07
DKC CBP IPNU Banyuwangi Luncurkan Relawan Gempa Lumajang

Keterangan Gambar : LPBI NU dan NU Peduli Gotong Royong Membersihkan Puing Reruntuhan (Foto: Istimewa)


KabarRekan – Dewan Kordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) IPNU Kabupaten Banyuwangi. Mengutus satu delegasinya untuk turut berperan menjadi relawan penanganan korbang gempa bumi lumajang.

Mengingat gempa yang mengakibatkan ribuan rumah, di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Hal ini berdasarkan data terbaru yang dihimpun BPBD Kabupaten Lumajang, Sabtu (17/4) pukul 17.00 WIB.

Baca Lainnya :

"Jumlah rumah yang rusak terus bertambah, menjadi 2.511 rumah, baik rusak berat, sedang dan ringan yang tersebar di 11 kecamatan di Lumajang," kata Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Joko Sambang, saat dihubungi per telepon di Lumajang.

Hal ini yang kemudian menggerakkan DKC CBP IPNU Banyuwangi untuk mendelegasikan kader yang siap terjun untuk membantu saudaranya yang sedang mengalami kesulitan itu.

Noval Prasetyo sebagai orang yang ditunjuk, meceritakan pengalamannya selama di Pos Bersama FPRB Jatim dan NU Peduli gempa itu. Dirinya menceritakan bahwa bantuan ini beroperasi selama lima hari.


“Acara ini lima hari, walaupun puasa tetap membantu,” Ujar Noval.

Dirinya juga menceritakan pengalamannya sewaktu berada di kecamatan Pronojiwo, membantu Assesment difabel yang terdampak gempa, membersihkan puing-puing siswa reruntuhan gempa di dusun Jagokereng, desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Noval juga mengaku, makanan yang disiapkan sebanyak dua kali, yakni saat buka puasa dan sahur. Saat buka puasa, makanan disiapkan per bungkus. Sementara untuk sahur disajikan secara prasmanan.


Keterangan Gambar : POS Bersama LPBI NU dan NU Peduli (Foto: Istimewa)

“Saya mengakui bahwa kekuatan personil tim DU (dapur umum) ini juga membutuhkan tenaga bantuan dari luar, khususnya tenaga untuk membantu membungkus nasi saat sore hari,” kata Noval.

Pihaknya juga berharap dengan uluran tangan, melalui tenaga dan materi dari DKC CBP IPNU Banyuwangi mampu sedikit membantu saudara yang ada di Kabupaten Lumajang. Dan dirinya berharap aksi sosial semacam ini terus terpupuk dibenak kader  DKC CBP IPNU Banyuwangi.

Pewarta : Rivani Noer Maulidi